PENDIDIKAN FORMAL BAGI ANAK KEMBAR



Ketika anak mulai lepas dari usia balita, umumnya ia akan mulai menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman dibandingkan sebelumnya dan mulai belajar mengenal dunia luar rumahnya dengan lebih intensif. Pada usia tersebut pun biasanya anak sudah mulai mengeyam pendidikan formal di sekolah, dalam hal ini Taman Kanak-Kanak (TK). Dengan demikian, ia semakin bertumbuh dalam kemandirian. Ia juga mulai belajar menempatkan diri di tengah-tengah kelompok masyarakat. Bila pengalaman tersebut positif, maka hal tesebut akan membangun kepercayaan dirinya.


Pada kasus anak kembar, pada masa inilah orangtua menghadapi isu yang spesifik terkait apakah anak kembarnya sebaiknya ditempatkan di kelas yang sama atau di kelas terpisah. Sampai hari ini belum ada bukti empiris yang cukup kuat yang mengarah kepada salah satu pilihan tersebut lebih baik dari yang lainnya. Masing-masing pilihan memiliki keuntungannya sendiri, tergantung konteks yang ada.


Keuntungan Menempatkan Anak Kembar di Kelas Yang Sama


1. Keberadaan di kelas yang sama umumnya menolong anak kembar untuk beradaptasi dengan lebih cepat terhadap kehidupan sekolah, terutama bila salah satu dari anak kembar tersebut memiliki sifat pemalu. Hal ini juga biasanya positif bila mereka belum pernah mengikuti kelas Taman Bermain (preschool) sebelumnya. Dengan berada di kelas yang sama, otomatis mereka langsung memiliki teman di kelas tersebut sehingga tidak merasa sendirian. Bahkan setelah masa adaptasi tersebut terlewati dan mereka sudah memiliki teman baru, keberadaan di kelas yang sama dapat memberikan kenyamanan tersendiri bagi anak kembar.


2. Keberadaan di kelas yang sama biasanya juga berdampak positif bila anak kembar tersebut sedang mengalami perubahan yang cukup signifikan dalam hidupnya, misalnya ibunya sedang hamil lagi atau bila salah satu anggota keluarga baru saja meninggal dunia. Dengan berada di kelas yang sama, mereka dapat mendukung dan menyemangati satu sama lain.


3. Bila pemisahan kelas hanya dapat dilakukan dengan pemisahan jam (kelas pagi dan kelas siang), maka umumnya akan lebih tidak melelahkan bagi orangtua bila mereka berada di kelas yang sama. Dengan demikian, orangtua tidak perlu pulang-pergi ke sekolah empat kali untuk antar-jemput anak.


Keuntungan Menempatkan Anak Kembar di Kelas Yang Sama


1. Bila masing-masing anak kembar memiliki sifat kompetitif atau bila mereka memiliki tingkat kemampuan yang berbeda, maka akan lebih baik bila ditempatkan di kelas yang terpisah sehingga mereka dapat berkembang sesuai kecepatan masing-masing.


2. Bila anak kembar mengalami keterlambatan berbicara, ditempatkan di kelas yang berbeda akan mengkondisikan mereka masing-masing untuk berbicara bagi dirinya sendiri, sehingga kemampuan bicaranya semakin terasah. Selain itu, keberadaan di kelas yang berbeda juga memberikan kesempatan kepada mereka masing-masing untuk lebih berinteraksi dengan teman-teman sekelasnya, sehingga dapat lebih banyak kesempatan untuk belajar ucapan yang benar dari mereka.


3. Anak kembar identik yang secara fisik sulit dibedakan, umumnya akan lebih baik bila ditempatkan di kelas yang terpisah sehingga baik guru maupun teman sekelasnya tidak bingung mengenalinya.


4. Berada di kelas yang berbeda mengkondisikan masing-masing anak kembar untuk berinteraksi dengan teman sekelasnya, sehingga ketrampilan sosialnya semakin terasah. Hal tersebut juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengalami hidup yang terpisah dari kembarannya, sehingga mereka dapat belajar saling berbagi cerita tentang pengalamannya masing-masing.


Jelaslah, bahwa masing-masing pilihan memiliki keuntungannya sendiri. Dalam memutuskan, akan ideal bila orangtua mempertimbangkan berbagai aspek di atas. Perlu diingat, bahwa pilihan yang tahun ini efektif, belum tentu akan efektif bila dijalankan di tahun berikutnya. Orangtua perlu mengevaluasi kondisi yang ada di akhir setiap tahun ajaran agar dapat mengambil keputusan yang tepat.



0 views